Selasa, 25 Maret 2014

SENI DIATAS KERTAS II

SENI RUPA

PENGELOMPOKAN SENI MURNI DAN SENI TERAP(AN)



1. SENI MURNI & SENI TERAP(AN) 
seni murni (fine art)Adalah seni yang mengutamakan unsur keindahannya saja. Biasanya seni murni ini menonjolkan kreativitas dan keindahan. sedangkan Seni terapan (applied art)  adalah seni yang mengutamakan unsur fungsionalnya, dalam pembuatannya seni ini sangat mengutamakan kegunaannya dari pada keindahan. seni ini biasanya ditujukan untuk kebutuhan sehari , dari tingkat kesulitannya seni terapan lebih sulit membuatnya di bandingkan seni murni karena seni terapan harus memperhitungkan fungsi dan kegunaanya lain dengan seni murni. seni terapan memiliki 2 fungsi yang berbeda yaitu :
  1. Seni terapaan sebagai pemenuh kebutuhan yang bersifat praktis yaitu seni yang memiliki kegunaan dan menghasilkan benda tidak hanya menunjang kebutuhan tapi ada unsur keindahannya, contohnya : prabotan rumah tangga, lemari, tekstile.
  2. Seni terapan sebagai pemenuh kebutuhan yang bersifat estetis atau keindahan yaitu seni yang memiliki keindahan seperti batik dan tenun. Batik dan tenun ini bisa diaplikasikan ke benda-benda yang memiliki kegunaan se[erti :topeng, vas bunga,
Berdasarkan wujud dan bentuknya seni rupa terapaan di golongkan menjadi 2 golongan, yaitu :
  1. Seni terapan 2 dimensi yaitu seni terapan yang hasilnya mempunyai panjang dan lebar dan hanya bisa dilihat 1 arah saja seperti : wayang, batik,reklame.
  2. Seni terapan 3 dimensi yaitu seni terapaan yang hasilnya bisa dilihat dari segala arah memiliki volume(ruang), seperti : bangunan
Pengelompokan seni murni dan seni terap(an) sebagai berikut :
SENI MURNI
(FINE ART)
SENI TERAPAN
(APPLIED ART)
Seni keramik
Seni ukir
Seni lukis
Seni bangunan
Seni patung
Seni Reklame
Seni grafis
Seni tekstile

Tidak ada komentar:

Posting Komentar