Sabtu, 14 Juni 2014

SENI DIATAS KERTAS V

TEHNIK AIR BRUSH SEDERHANA

Praktek kali ini saya akan mencoba Tehnik air brush sederhana. Tehnik air brush sederhana ini merupakan suatu tehnik menggambar atau membuat pola yang menggunakan tekanan udara yang berfungsi untuk menyemburkan cat air atau pewarna dalam satu bidang karya dengan menggunakan pola atau cetakan yang nantinya menjadi pola atau motif pada gambar yang akan dibuat. Tehnik ini mudah untuk membuatnya dan cukup menyenangkan, tehnik air brush ini bisa diterapkan kepada anak SD karena memanfaatkan benda-benda disekitar seperti daun atau kertas yang bisa dibentuk menjadi tumbuhan, binatang atau bentuk-bentuk unik lainnya.
Alat dan bahan yang digunnakan yaitu :
1.      Kertas gambar A4
2.      Cetakan atau mal, bisa juga menggunakan daun-daun yang memiliki bentuk unik.
3.      Cat air atau pewarna makanan
4.      Sisir
5.      Sikat gigi
Cara membuat :
1.      Kita siapkan kertas A4 yang akan digunakan sebagai bidang karya.
2.      Letakkan daun atau pola yang telah disiapkan, disini saya membuat bentuk lumba-lumba dari kertas.
3.      Siapkan cat air atau pewarna makanan, lalu ambil sikat gigi,dan celupkan dengan cat air yang telah kita siapkan.
4.      Ambilah sisir dan gesek secara cepat dengan sikat gigi yang telah diberikan cat air diatas bidang yang telah di taruh pola-pola atau cetakan tertentu,hingga muncul percikan-percikan kecil yang akan jatuh pada bidang yang kita siapkan. Usahakan agar percikan-percikan itu kecil-kecil.
5.      Jika ingin memberikan kesan yang menarik ulangi pada bidang yang sama menggunakan warna yang berbeda, lakukan berulang-ulang dengan menggunakan warna yang menarik.
6.      Tunggu hingga cat air kering dan angkat pola atau bentuk yang diletakkan pada bidang, maka akan menghasilkan bentuk-bentuk dan paduan warna yang menarik
Inilah hasil karya yang telah saya buat :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar